Aksi Bang Bek dan Mpok ASih dari Kota Bekasi

Kontributor Oleh : kotabekasi pada tanggal Sabtu,14 April 2018

image

Pelabuhan Ratu (INMAs Kota Bekasi)

Dalam perhelatan Musabaqoh Tilawatil Quran,  ada satu hal yang paling di nanti masyarakat sekitar, yakni Pawai Taaruf. Dalam Pawai Taaruf ini akan ditampilkan berbagai aksi dan atraksi seni dan budaya daerah masing-masing. Tak kalah dengan daerah lainnya, Kota Bekasi turut menampilkan  Seni Budayanya. Dalam Pawai Taaruf Kali ini, Sabtu, 14/4 di Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi, Kota Bekasi menampilkan Ikon Kotanya yakni Bang Bek dan Mpok Asih.

Bang Bek dan Mpok Asi yang merupakan mascot kota Bekasi ini turut serta dalam Pawai Taaruf MTQ ke 35 tingkat Provinsi Jawa Barat. Maskot bang Bek dan Mpok Asi ini akan dibagikan kepada masyarakat sekitar yang menonton pawai Taaruf sekaligus sebagai cenderamata untuk Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Selain membagikan maskot ini, peserta Pawai Taaruf dari Kota Bekasi juga membagkan Kain Sarung.

Bang Bek dan Mpok Asih diambil dari nama Kota Bekasi Bek dan Asi. Jika digabungkan menjadi satu nama Bekasi. Ikon ini dibesut dan di launching. Seperti dilansir dari  Website Resmi Kota Bekasi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bekasi berhasil mengadakan Lomba maskot boneka yang hasilnya di launching pada Minggu (10/09/2017) tahun lalu dalam kegiatan  Car Free Day di Jalan Ahmad Yani.

Bang Bek ialah sebutan untuk boneka pria dengan gaya jagoan asal bekasi dengan kostum pangsi hitam dan sendal yang tentunya dengan kumis “baplang” melambangkan jawara bekasi, untuk boneka perempuan khas Kota Bekasi di beri nama dengan Mpok Asih, yang menggunakan kostum encim untuk melambangkan wanita asal Kota Bekasi. Boneka ini akan menjadi satu maskot yang melambangkan Kota Bekasi dengan khas nya, dan menjadi andalan kebanggan Kota Bekasi.

Kota Bekasi menghadirkan sebanyak lebih dari 50 orang untuk mengikuti Pawai Taaruf Ini. Turut Hadir Kepala Bagian Kesos Pemkot Bekasi A. Yani, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bekasi, Mujani, Kepala Seksi PAKIS, Jaja Jamaluddin, Kepala Seksi Urais dan Binsyar, Mulyono Hilman Hakim, dn Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Ali Mashuri.

Kontributor : Evi Agustin


Berita Terbaru