Dog Dog Lojor Goyang MTQ

Kontributor Oleh : Iqbalsmi pada tanggal Selasa,17 April 2018

image

Palabuhanratu (INMAS Kab. Sukabumi)

Penampilan Dog Dog Lojor pada pembukaan MTQ Ke-35 Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2018 menarik perhatian masyarakat dan para pengunjung malam itu. Pagelaran seni khas Kab. Sukabumi ini pada Sabtu Malam (14/04) di panggung utama Alun-Alun Pemda Sukabumi menjadi maskot dan iatimeis dari seluruh rangkaiannya penampilan yang ada malam itu.

Seni khas dari Cisolok Kab. Sukabumi itu dengan anggunnya melenggak-lenggok dihadapan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan ketika Kang Aher (panggilan akrabnya) memasuki panggung utama setelah sebelumnya mengikuti Gala Dinner yang telah disiapkan oleh tuan rumah. Dengan menggunakan bus, Aher menuju panggung utama dan langsung diberi "goyangan" gadis Kab. Sukabumi ala Dog Dog Lojor. Semua penonton bertepuk tangan bahkan terdengar suara riuh rendah menyebut nama Kang Aher.. Kang Aher dan kata-kata Kabsi.. Kabsi (singkatan dari Kabupaten Sukabumi)

Cisolok adalah salah satu desa yang ada di Sukabumi yang terletak di Kecamatan Palabuhanratu tempat lahirnya seni tari Dog Dog Lojor. Pada awalnya tarian ini adalah tarian ritual saat panen padi dan dilaksanakan setahun sekali setelah panen. Isi pesan tarian ini adalah pernyataan syukur rakyat atas karunia Allah SWT atas panen yang masyarakat Cisolok terima. 

Ketika dikonfirmasi kepada salah seorang Pemandu Acara, "sengaja seni Dog Dog Lojor ini ditampilkan saat kedatangan Gubernur di panggung utama MTQ, selain untuk memperkenalkan seni ini kepada Gubernur dan pengunjung dimana seni ini hampir tak terdengar lagi, juga sebagai lambang syukur masyarakat Kab. Sukabumi atas kehadiran dan kesediaan Gubernur menunjuk Kab. Sukabumi sebagai tuan rumah", tutur Cheprudi.

Kontributor : Moh. Iqbal Taufiqi


Berita Terbaru