Cabang Tafsir Cermin Pejuang Qur’ani yang Sesungguhnya

Kontributor Oleh : Iqbalsmi pada tanggal Jumat,20 April 2018

image

Palabuhanratu (INMAS Kab. Sukabumi)

“Kiamat masih jauh, Indonesia masih kokoh berdiri pada pilar pondasi kebangsaan". Kalimat itu yang tersirat dalam pikiran seorang penyuluh Fungsional Jijib Nasrulloh yang ditugaskan pada MTQ ke XXXV tingkat Jabar di Palabuhanratu Kab. Sukabumi pada cabang Tafsir B. Arab dan Indonesia pada Kamis (19/04).

Menurutnya bidang tafsir ini salah satu cabang bergengsi dan membutuhkan pengetahuan pendukung yang lengkap karena peserta diuji hafalan Qur’annya, pengetahuan mufrodahnya, tafsiran dari berbagai kitab tafsir, pengetahun akan ilmu nahu, sharrof, maani, bayan, balaghah dll. Ketika telah sampai pada babak final kita harus bangga dengan para pejuang Qur’ani dari seluruh Kabupaten di Jabar, karena mereka itulah penerus bangsa pilihan.

Mereka tahu ilmu al-Qur’an bukan bersumber dari syeikh google tapi langsung berasal dari sumber aslinyam berjuang menimba ilmu di pesantren-pesantren di daerahnya. Mengalahkan semua keinginan nafsunya pada usia mereka yang masih muda di tengah-tengah perkembangan zaman yang semakin instan, sementa teman seusianya hidup dalam hedonisme teknologi dan media komunikasi.

Kontributor : Moh. Iqbal Taufiqi


Berita Terbaru